img-news
Traveling
Menikmati Kampung Budaya The Paseban
Oleh Administrator 15 September 2021

The Paseban, kampung budaya sunda yang tersembunyi di kota bogor. Untuk kalian yang mau kesini harus mempersiapkan kendaraan dengan baik ya karena perjalanan kesini sangat menanjak dan berbatu. Berada di ketinggian 1.100 MDPL, The Paseban dikelilingin hutan rindang tropis yang sangat memanjakan mata sehingga udara disekitar sini sangat sejuk khas cuaca di sekitar puncak bogor.

Tak seburuk perjalanan untuk mencapainya, The Paseban mempunyai fasilitas yang lengkap lho dari mulai halaman parkir yang luas, kolam renang, restaurant, mini zoo, dll. Tempat ini juga mempunyai berbagai pondokan yang bisa anda pilih, ada yang untuk 2 orang, 4 orang, sampai 6 orang dan lebih. Kalau anda mempunyai jiwa pendaki, mungkin kalian juga memilih untuk mendirikan tenda sendiri di camping groundnya.

Perjalanan kami mulai dari tangerang pada pukul sekitar jam 5 sore, bersama dengan kedua ponakan kami yang katanya amit-amit *eh imut-imut, kami melibas jalan parung bogor dengan sangat bersemangat. Tapi perjalanan kami untuk kebogor lumayan sulit waktu itu. Kemacetan menuju bogor sangat parah, terlebih lagi kami hampir tidak bisa mencapai The Paseban karena google maps yang kami gunakan sering salah menunjukkan jalan.

Karena situasi yang sudah menjelang malam dan tempat yang kami tuju belum juga ketemu, kami hampir pasrah dan ingin mencari tempat penginapan lain yang dekat dengan jalan raya. Sampai kami bertanya kewarga sekitar dan akhirnya mendapat sedikit pencerahan, kami mengikuti arah yang ditunjukkan oleh warga tadi walaupun jalannya gelap dan berbatu. Karena sudah malam, jalanan sangat gelap dan hanya mengadalkan penerangan dari lampu kendaraan, kami pun terus lurus mengikuti jalan. Dan akhirnya pada pukul 01.00 kami tiba di The Paseban dengan perasaan yang sangat lega.

Kami langsung bergegas untuk beristirahat, dan esok paginya kami keluar dari pondokan dan disuguhkan dengan udara yang sangat segar dengan pemandangan hijau yang indah sekali.

 

Pondokan Kobong Jajar

Suasana pagi hari disini sangat sejuk, kamipun menyempatkan berkeliling The Paseban sambil berolahraga pagi. Oia disini juga ada joging tracknya buat kalian yang hobi lari atau sekedar jalan santai.

Untuk kalian yang ingin berenang, disini juga ada kolam renang dengan nuansa alami loh.

Kolam Renang

Setelah berkeliling dan berfoto-foto sebentar, kamipun memutuskan untuk sarapan pagi di restaurant yang disediakan sehingga tidak perlu keluar untuk makan. Restaurant disini juga memiliki pemandangan pegunungan yang sangat bagus nan sejuk.

Restaurant

Setelah kenyang kamipun lanjut berkeliling disekitar The Paseban, ternyata disini juga ada mini zoonya juga. Koleksi hewannya memang tidak terlalu banyak, tapi cukup untuk menghibur kami. Di mini zoo ini ada rusa, kuda mini, kerbau putih, burung merak, kambing.

Rusa

Kuda

Setelah bermain-main di mini zoo, kami lanjut berkeliling kembali dan ada spot foto bagus yang mengarah ke punggung gunung, ya lanjut deh foto-foto smiley

Oia, pondokan disini juga ada banyak jenisnya, ada yang namanya saung lio, saung bapang, saung jolopong, saung ranggon, dan kobong jajar.

Saung Bapang

Nah itu lah sedikit cerita kami di The Paseban, untuk lebih lengkapnya bisa di cek di web resminya https://thepaseban.com/ dan buat kalian yang mau kesini, disarankan jangan malam hari ya. karena penerangan jalan yang kurang bagus. Okey, sampai jumpa lagi.