img-news
Traveling
Camping Ceria di Ranca Upas
Oleh Administrator 17 Juli 2022

Ranca Upas, salah satu bumi perkemahan yang bisa kalian nikmati bareng keluarga. Berada di daerah Bandung yang terkenal akan wisata alam yang tidak ada habis-habisnya, Ranca Upas menjadi salah satu tempat yang cocok buat kalian yang hobi kemping tapi tidak ingin cape-cape naik gunung.

Berada di ketinggian 1700 mdpl dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang menjadikan udara disini masih terasa sejuk dan angin sepoi-sepoi di siang hari menjadi surga bagi kaum rebahan karena bisa tidur seharian laugh.

Kami tiba di Bandung dari Tangerang menggunakan travel bara*a sekitar jam 09.30 pagi. Oia, di perjalanan kali ini saya ditemani 1 orang yang spesial pake telor heart dan 2 anak ABG yang mau nyoba kemping di alam terbuka wink.

Setelah tiba dibandung kami langsung berangkat ke Ranca Upas dengan motor sewaan yang telah kami pesan 2 hari sebelumnya. Sebelumnya kami sudah cari-cari logistik dan packing ulang agar di perjalanan kami nyaman karena jaraknya kurang lebih 50 km dari pusat kota.

Kurang lebih jam 11.30 kami start dari bandung, dan sekitar jam 15.00 sore kami tiba di Ranca Upas. lumayan lama ya.. ini udah sama makan siang, leyeh-lyeh, sama sholat zuhur sih... Sesampainya di ranca upas kami parkir motor ditempat parkir yang sudah disediakan, jangan lupa bilang kalau kita mau menginap, jadi helm di titip di penitipan Helm.

Setelah selesai urusan kendaraan, kami langsung menuju tempat perkemahan yang waktu itu tidak terlalu padat dan alhamdulillah tidak becek, jadi bisa lebih enak untuk cari tempat mendirikan tenda. Oia, bagi kalian yang perlengkapan kemping kaya kompor, sleeping bag, matras, dll. tidak punya, disini ada juga yang menyewakan ya, bahkan buat kalian yang males bawa apa2. yaudah tindak pesan beberapa paket kemping yang ada disini dengan peralatan lengkap dari Ranca Upas.

 

Camp Ground

Okey.. setelah dapat lahan yang cukup luas, kami langsung mendirikan tenda dan setelah itu kami membuat minuman hangat untuk mengusir udara yang sudah lumayan dingin pada sore itu.

Pada malam harinya kami membuat api unggun yang kayu bakarnya bisa di beli di warung-warung yang ada di Ranca Upas. Ditemani mie instan, nuget, dan minuman hangat, kami melewati malam hari itu sambil bermain didalam tenda karena udara dingin sangat menusuk. Tapi untuk yang tahan dingin, diluar pemandanganya sangat indah, dengan bintang-bintang yang menghiasi langit.

Jam 09.00 malam kami tidur, dan pada tengah malam kami dibangunkan oleh suara berisik diluar yang ternyata hujan ringan, tapi anginnya sangat kencang, jadi buat kaian yang mau kesini harap pasang tendan dengan benar ya dan kalau bisa dekat-dekat tenda lain agar angin tidak terlalu menerpa tenda kalian.

Esok paginya, ternyata flaysheet kami roboh tertiup angin semalam. Setelah membereskan flysheet, kami befoto-foto di savana sebentar sambil menikmati pemandangan pagi yang sangat sejuk dan hijau.

Pagi itu mulai terlihat ramai tenda-tenda dan ada juga pengunjung yang baru datang, dan disini juga ada paket prewedding bagi kalian yang ingin melakukan prewed disini, paket-paketnya bisa di lihat di webnya langsung ya.

Setelah foto-foto kami membuat sarapan pagi dengan bahan makanan yang telah kami bawa.

Setelah sarapan pagi, kami langsung menuju ke wisata pertama yaitu Pondok Menjangan, tapi bukan cuma itu ya, disini juga ada berbagai macam wisata, seperti kolam renang, paint ball, ATV, berkuda, panahan, dll. banyak deh kalian bisa pilih-pilih.

 

Pondok Menjangan

Disini kita bisa memberi makan rusa dan juga berfoto, bagi kalian yang ingin berfoto dengan keluarga juga bisa ditemani oleh pawangnya, jadi engga usah takut ya. Tempatnya lumayan luas juga dan punya koleksi rusa yang lumayan banyak, bahkan ada juga yang masih kecil-kecil rusanya.

Bagi kalian yang membawa makanan, hati-hati ya kalau mau masuk kekandangnya. karena kalian pasti akan dikejar-kejar oleh rusanya laugh

 

Kebun Strawberry

Wisata selanjutnya yaitu kebun strawberry, disini kita bisa menikmati kebun strawberry yang luas dan juga bisa memetiknya sendiri. Banyak strawberry yang sudah berwarna merah dan bisa langsung kita makan selama belum di beri pestisida, kalau sudah diberi pestisida ya harus dicuci dulu sebelum dimakan. Dan rasanya pun manis dan segar.

 

Fasilitas

  1. Parkir Luas
  2. Toilet Banyak
  3. Musholah
  4. Warung Makan 24 Jam

 

Nah, pada kesempatan kali ini kami cuma bisa berkunjung ke 2 wahana tersebut karena keterbatasan waktu. Bagi kalian yang mau coba wahana lain bisa langsung datang saja kesini. Sekian perjalanan kami di Ranca Upas, See You Next Weekend

 

 

Rincian Biaya :

  1. Tiket Masuk + Camping : 30.000 /malam
  2. Parkir Inap + Titip Helm
    Motor : 5.000
    Mobil : 10.000
  3. Kayu Bakar + Minyak : 20.000
  4. Pakan Rusa : 10.000 s/d 15.000
  5. Petik Strawberry : 80.000 /kg