img-news
Traveling
Golden Sunrise Gunung Bromo
Oleh Administrator 29 Agustus 2023

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata yang tidak akan bosan kalian kunjungi jika kalian ke berkunjung ke Malang. Yaps, begitu juga kami, kami mulai perjalanan dari stasiun gambir sekitar pukul 3.40 sore dan tiba di stasiun malang kota baru sekitar pukul 4.30 pagi.

Dari stasiun malang kota, kami langsung menuju penginapan kali yang jaraknya sekitar 2 Km dari stasiun. Karena masih pagi dan jarak penginapan yang tidak terlalu jauh, akhirnya kami memilih untuk berjalan kaki.

Untuk mobiltas kami di hari pertama kami cukup menyewa kendaraan roda 2 untuk sekedar cari makan dan keliling kota Malang dengan harga yang lumaya bersahabat, dari 70rb sampai 100rb.

 

Perjalanan Ke Bromo

Barulah pada malam hari sekitar pukul 12 dini hari kami di jemput oleh driver kami yang akan mengantarkan kami ke daerah Ponco Kusumo, tempat kami lanjut naik Jeep untuk menuju sunrise view di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Setelah kurang lebih 1 jam, kami tiba di daerah Ponco Kusumo. Karena masih terlalu pagi, akhirnya kami instirahat sebentar sambil mempersiapkan peralatan perang seperti jaket, sarung tangan, kupluk untuk menghadapi udara dingin di TNBTS.

Jam 2 dini hari akhirnya kami berangkat ke sunrise view dengan Jeep yang sudah kami pesan sebelumnya. Perjalanan malam hari terasa sangat dingin dan kabut yang turun di TNBTS juga menambah kesulitan perjalanan pada malam hari itu. Trek pegunungan yang berliku dan berpasir juga menjadi tantangan, apalagi kalau kalian suka mabuk kendaraan ya, cobalah minum obat anti mabuk dulu agar perjalanan kalian tidak menyulitkan.

 

Tiba di Sunrise View

Akhirnya jam 3.30 pagi, kami tiba di sunrise view TNBTS, kami beristirahat sejenak dan memesan minuman hangat dan semangkuk mie rebus di warung yang banyak berjejer di sana. Minuman dan makanan hangat bisa terlalu cepat dingin, karena udara kali ini benar-benar dingin dan menusuk kulit.

Bagi kalian yang tidak kuat dingin, kalian bisa menyewa jaket tebal yang di tawarkan oleh pedagang disana. murah kok hanya 20 ribu sekali sewa, dan akan dicarikan ukuran yang pas untuk badan kalian.

Untuk ke sunrise pointnya, kami butuh waktu sekitar 3 menit jalan kaki dari parkiran jeep kami. Tidak jauh sih, hanya udaranya aja yang membuat kami hampir menyerah.

 

Sunrise

Sebelum menyaksikan sunrise, kami sholat shubuh dahulu dengan perjuangan menahan dinginnya air wudhu, airnya seperti membuat kulit mati rasa loh. Setelah sholat barulah kami siap di pinggiran sunrise point untuk menyaksikan Golden Sunrise yang terlihat cantik di cuaca yang sangat cerah.

Banyak sekali orang yang ada di titik tersebut, bahkan banyak juga wisatawan dari luar negri yang penasaran akan keindahan dari Golden Sunrise TNBTS. Dari sana juga kita bisa melihat Gunung Batok, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru berbaris teratur di selimuti kabut putih yang sangat cantik.

Perjalanan Pulang

Setelah selesai menikmati sunrise dan keindahan TNBTS dari atas, sekarang saatnya kami menikmatinya dari bawah. Kurang lebih jam 6 pagi kami turun dari sunrise view menuju beberapa destinasi menarik di TNBTS.

Ada Bukit Widodaren, Pasir Berbisik, Padang Savana, Bukit Teletubies, Puncak Bromo, Gunung Batok, Bukit Batu, dan ada yang baru loh yaitu Bromo Hillside, cafe dengan pemandangan yang sangat cantik.

Nah itu dia pengalamin kami di bromo, nanti ada juga cerita selanjutnya kami di malang.. see you..

Rincian Harga

  • Tiket Masuk Cafe : Rp. 50.000 / Orang
  • Sewa Motor : Rp. 90.000 / Hari (Scoopy Baru)
  • Jeep Bromo + River Tubing : Rp. 1.500.000
  • Sewa Jaket : Rp. 20.000 / Orang