img-news
Ragam
Penghuni Bumi Sebelum Nabi Adam
Oleh Administrator 01 September 2023

Assalamu'alaikum wr. wb.. bagi kalian semua yang beragama muslim pasti tahu bahwa manusia pertama dimuka bumi adalah Nabi Adam AS, tapi terkadang kita punya pertanyaan apakah ada mahluk di bumi sebelum Nabi Adam AS ? untuk menjawab pertanyaan itu saya coba mencari beberapa sumber dari dunia maya, ini jawaban yang saya dapat.

Pertama saya mengutip dari halaman Youtube Najwa Shihab

Channel tersebut merupakan diskusi mengenai islam antara Mbak. Nana dengan Abinya, Cendekiawan Muslim dan pendiri Pusat Studi Alquran, M Quraish Shihab. Disalah satu bagian ada diskusi mengenai manusia purba dengan Nabi Adam AS.

Menurut Quraish Shihab, Alquran menceritakan tentang kejadian manusia dan Al-qur'an juga menceritakan sebelum Nabi Adam turun ke bumi ada makhluk-makhluk lain yang lebih dulu hadir.

"Tapi tidak diterangkan apa makhluk lain itu, boleh jadi makhluk lain itu manusia purba," kata Quraish Shihab. 

Lalu Quraish Shihab membuat penggambaran menggunakan huruf alphabet. Huruf Alphabet diawali dengan A dan diakhiri dengan Z, tetapi sebelum mencapai huruf Z ada huruf-huruf lainnya. 

"Alquran hanya menceritakan A dari tanah dan menceritakan Z dihembuskan ruh, jadi boleh jadi ada proses di sini, Alquran tidak menjelaskan itu, karena itu ada orang berkata apa memang benar itu teori Darwin?" kata Quraish Shihab.

untuk lebih lengkapnya coba kalian cek videonya disini : https://www.youtube.com/watch?v=l0S9r2X0g1g

 

Kedua saya mengutip dari halaman Youtube Pegawai Muslim

Nah disini dibahas mahluk-mahluk yang hidup sebelum Nabi Adam AS. Dan inilah mahluk-mahluk itu.

1. Tabirunnasar

Tabirunnasar oleh para ahli tafsir digambarkan sebagai unggas. Pada saat tabirunnasar hidup, bumi sudah banyak terdapat biji sawi putih, dan Allah SWT memerintahkan tabirunnasar untuk memakan biji sawi itu, jika sudah habis maka tabirunnasar akan di matikan.

 

2. 70 Orang Laki-laki

70 Orang laki-laki tersebut tidak langsung semua diciptakan, melainkan satu persatu. Jika 1 orang mati, maka Allah SWT akan menciptakan 1 orang kembali. 1 Orang tersebut bisa hidup selama 70.000 Tahun. surprise

 

3. Jin

Allah SWT menciptakan jin dari nyala api, jin-jin tersebut juga diciptakan dengan berbagai macam bentuk. Ada yang berkaki 2, ada yang berkaki 4, dan ada juga yang bisa terbang. Lalu Allah mengutus salah satu dari mereka untuk memberikan ilmu dan syariat agama, tapi jin-jin tersebut banyak yang mendustakan ajaran tersebut, hingga Allah mematikan mereka.

 

4. Mahluk Yang Keluar dari Neraka

Selanjutnya Allah SWT mencipatakan mahluk yang berpasangan yang rupanya mirip binatang, dan mahluk ini keluar dari dalam neraka. Binatang itupun mempunyai anak yang diberi nama Azazil.

 

5. Janna

Bangsa jin yang hidup 70.000 tahun hingga beranak cucu. Tapi karena sombong dan kufur, maka Allah SWT mematikan mahluk ini.

 

6. Banunal Janna

Bangsa jin yang hidup 18.000 tahun, tetapi mereka banyak melakukan kerusakan dimuka bumi dan setelah itu Allah SWT mematikan mahluk ini.

 

7. Azazil (Iblis)

Azazil yang sudah diangkat Allah ke langit ke-7 dan tetap taat beribadah kepada Allah, meminta turun sampai kebumi bersama 700 malaikat yang mengirinya untuk menggantikan Banunal Janna yang kerap membuat kerusakan dimuka bumi.

Selama 8.000 tahun beribadah, Azazil meminta kepada Allah untuk tetap dibumi karena dia sudah betah, tapi Allah hendak menjadikan Nabi Adam (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) dimuka bumi.

Tapi Azazil pun berduka karena tidak menerima bahwa Nabi Adam yang dijadikan khalifah di bumi, karena dia merasa senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Tapi Allah Berfirman "Sesungguhnya Aku Mengetahui Apa Yang Tidak Engkau Ketahui".

untuk lebih lengkapnya kalian bisa cek videonya disini : https://www.youtube.com/watch?v=uo5beaXwQO4

Kesimpulan yang saya dapat, benar adanya mahluk sebelum nabi Adam AS tapi memang kita tidak mengetahui secara jelas mahluk apa itu. Allahu'alam.. Hanya Allah yang maha mengetahui.