img-news
Ragam
Fakta Unik Hari Kemerdekaan Indonesia
Oleh Administrator 17 Agustus 2021

Jum'at, 17 Agustus 1945 menjadi hari yang sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia, dimana pada hari itu bapak proklamator Ir. Soekarno dan Muh. Hatta memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia pada akhirnya bebas dari penjajahan setelah lebih dari beratus-ratus tahun dijajah Belanda dan Jepang.

Banyak fakta yang menarik mengenai hari kemerdekaan Indonesia loh. Yuk disimak

1. Soekarno Sedang Sakit

Sumber : tribunnews.com

Bung Karno sapaan akrab Ir. Soekarno pada saat itu sedang sakit loh waktu membacakan naskah proklamasi. Beliau sedang mengalami sakit malaria 2 jam sebelum upacara proklamasi. Saat itu dokter pribadi Soekarno datang ke kediamannya di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini, Jakarta Pusat, untuk memeriksa kondisi Soekarno.

Lalu ia disuntik dan diminta minum obat untuk kemudian tidur. Setelah itu, Soekarno bangun pukul 09.00 WIB dan melakukan upacara Proklamasi pada pukul 10.00 WIB.

 

2. Upacara Kemerdekaan Dibuat Dengan Sederhana

Sumber : tajinan.malangkab.go.id

Meski ini adalah acara yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia, tapi upacara proklamasi kemerdekaan dibuat secara sederhana. Tanpa musik dan protokol upacara bahkan tiang bendera dibuat dari batang bambu dan hanya di tancapkan di tanah beberapa menit sebelum upacara dimulai. Konon katanya, katrol tiang bendera dibuat dari gelas bekas sahur Moh Hatta.

Dan mikrofon yang digunakan oleh Bung Karno ketika membacakan teks proklamasi pada saat itu juga merupakan mic yang direbut dari stasiun radio milik Jepang.

 

3. Naskah asli proklamasi sempat dibuang di tong sampah

Sumber : suara.com

Naskah proklamasi yang dibacakan oleh Bung Karno untuk pertama kalinya ternyata tidak pernah disimpan oleh pemerintah. Naskah itu di temukan di tempat sampah di kediaman Laksamana Maeda oleh seorang wartawan bernama BM Diah. Kemudian dia menyimpannya dan Tepat pada tanggal 29 Mei 1992, beliau memberikan naskah asli ini kepada pemerintah.

 

4. Bendera Dari Kain Sprei

Sumber : liputan6.com

Seperti yang kita tahu, Ibu Fatmawati, istri Bung Karno adalah sosok yang menjahit bendera kebangsaan kita. Namun, sangat disayangkan sekali, ternyata bendera tersebut terlalu kecil apabila dinaikkan di tiang bendera, karena ukurannya hanya 50 cm. Maka dari itu Ibu Fatmawati akhirnya mencari lagi kain di lemarinya dan menemukan kain sprei berwarna putih.

Kemudian kain berwarna merah di berikan dari pemuda Indonesia yang bernama Lukas Kastaryo. Atas amanat Ibu Fatmawati, Lukas mencari kain merah tersebut dan akhirnya dia menemukan di penjual soto. Lalu kain tersebut dibelinya dan alhasil, dijahitlah bendera Merah Putih dengan ukuran yang lebih besar dan sesuai untuk dikibarkan.

 

5. Pembacaan Proklamasi Pada Bulan Ramadhan

Sumber : republika.co.id

Bulan Ramdahan ternyata menjadi saksi atas kemerdekaan Indonesia loh, pembacaan naskah proklamasi yang dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945 juga bertepatan pada hari Jumat, 9 Ramadhan 1364 Hijriah. Istimewa bukan ?

 

Nah itulah sekilas fakta menarik dari hari Kemerdekaan Indonesia, semoga negara ini semakin baik, bersatu dan makmur seperti cita-cita pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan ini dari tangan penjajah.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia. Bhineka Tunggal Ika.