img-news
Ragam
Tips Puasa Agar Kuat Sampai Magrib
Oleh Administrator 21 Maret 2023

Hallo teman-teman, sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, bagi kalian yang menjalakan puasa, admin ada beberapa tips nih agar kalian kuat puasanya sampe magrib. Oke langsung aja kita cek yang pertama.

 

1. Sahur Menjelang Imsak

Sumber : kabar24.bisnis.com

Yaps, tidak bisa di pungkiri lagi, sahur adalah sesuatu yang penting ketika kita akan berpuasa dan bahkan menjadi sunnah. Agar kalian tidak cepat merasa lapar dan haus, maka cobalah kalian sahur di akhir-akhir waktu mendekati imsak. Ingat yaa.. "mendekati imsak" bukan setelah imsak dan jangan juga terlalu di awal seperti setelah sholat taraweh, karena kalau setelah sholat taraweh kalian sahur, kemungkinan setelah adzan shubuh kalian langsung ingin buka puasa.

 

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Sumber : tirto.id

Minum air putih yang cukup, 2 gelas pada saat sahur, 2 gelas saat berbuka,  1 gelas setelah magrib, 2 gelas setelah tarawih. Nah dengan minum air putih yang cukup, kalian akan bisa menjalankan ibadah puasa lebih segar karena cairan tubuh kalian tercukupi dan tetap fokus dalam menjalani hidup kalian.

 

3. Jangan Terlalu Banyak Bermain Sosmed

Sumber : bernardmarr.com

Social Media adalah salah satu yang tidak bisa di lepas dari kehidupan kita di zaman sekarang ya, tapi kalau kalian sedang puasa cobalah untuk mengurangi penggunaan social media, karena.. kalian tau lah, banyak foto-foto makanan yang berseliweran yang bisa mengganggu fokus kita dalam berpuasa. Atau juga banyak gosip-gosip yang bisa membuat kita ikutan bergosip di kolom komentar.. so.. tahan dikit ya main sosmednya.

 

4. Hindari Tempat-tempat Yang Bisa Membatalkan Puasa

Sumber : recipes.timesofindia.com

Ini juga tips yang penting buat kalian yang masih noob, cobalah hindari tempat-tempat yang bisa membuat puasa kalian batal, seperti food court, restaurant fast food, ataupun warkop dan warteg. Datanglah ketempat ini saat adzan magrib tiba ya.

 

5. Jaga Mata, Tangan, Telinga, dan Semua Anggota Tubuh

Sumber : kompas.com

Penting nih buat para jomblo.. pas puasa kalian harus jaga pandangan, tangan, dan semua anggota tubuh yang biasa kalian pergunakan untuk berbuat tidak baik dan tidak senonoh ya.. kalau bisa, format semua film yang mengandung gambar-gambar ***n agar puasa kalian lebih fokus dan tidak terganggu.

 

6. Lakukan Kegiatan-kegiatan Yang Bermanfaat

Sumber : muslim.sg

Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat pada saat kalian berpuasa, seperti membaca alqur'an, membantu orang tua, mengerjakan tugas-tugas kantor, sekolah atau kuliah. Hindarilah kegiatan-kegiatan yang membuat kalian batal seperti bermain lari-larian di tengah hari bolong, atau menonton bioskop sambil makan popcorn, dll.

 

7. Berbuka Tepat Waktu

Sumber : detik.com

Nah kalau waktu berbuka sudah tiba, segerakanlah berbuka walau hanya dengan segelas air putih. Karena segera berbuka adalah sunnah juga, berbukalah dengan yang manis seperti muka admin.. laugh dan makanlah secara bertahap, jangan langsung makan nasi satu bakul atau minum satu teko. Makanlah sedikit ketika berbuka, dan makanlah makanan besar setelah taraweh..

 

Okey itulah sedikit tips dari admin, semoga puasa kalian di bulan ini lancar dan semoga amal dan ibadahnya diterima. aamiinn