img-news
Ragam
4 Tingkatan Rezeki Yang Diberikan Allah SWT
Oleh Administrator 09 Juni 2023

Setiap mahluk hidup yang berjalan di bumi pasti di berikan rezeki oleh Allah SWT. Apalagi kita sebagai manusia, pastinya membutuhkan rezeki dari sang pencipta dari mulai kesehatan, umur, ilmu, dan yang pasti uang untuk memenuhi berbagai sandang dan pangan kita.

Setiap manusia juga sudah punya rezekinya masing-masing yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT ketika kita ruh kita ditiupkan, jadi engga usah iri dengan tetangga atau kerabat yang punya rezeki yang berlebih, yang penting kita bersyukur dan berusaha maka akan ditambah rezeki kita.

Ada 4 tingkatan rezeki yang sudah dijamin oleh Allah SWT, antara lain :

1. Rezeki Yang Sudah Dijamin

Setiap mahluk hidup yang ada didunia sudah terjamin rezekinya, sebagaimana tertulis dalam QS. Hud ayat 6 yang artinya :

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Rezeki tingkat pertama ini adalah rezeki yang akan di berikan oleh Allah SWT kepada setiap mahluknya, yang sudah ditetapkan ketika ditiupkan ruh ke dalam tubuh.

 

2. Rezeki Yang Penuh Keadilan

Rezeki ini akan diperoleh sesuai dengan usaha yang kita keluarkan, sebagaimana tertulis dalam QS. An Najm ayat 39 yang artinya :

Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.

Rezeki tingkat kedua ini adalah rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia sesuai dengan yang diusahakan atau dikerjakannya. Kadar rezeki jenis ini pun sangat ditentukan oleh usaha yang kita lakukan.

Jika usaha yang kita berikan maksimal, maka hasil yang akan kita dapatkan juga bisa jadi melebihi orang-orang yang usahanya standar-standar aja.

 

3. Rezeki Yang Ditambahkan

Ketika kita bersyukur, maka rezeki kita akan ditambah, sebagaimana tertulis dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya :

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Pada tingkatan ketiga ini, rezeki akan ditambahkan ketika kita sebagai mahluknya senantiasa bersyukur atas yang kita punyai sekarang, dan tetap menerima takdir rezeki sedang kita jalani. Mau banyak mau sedikit, yang penting kita tetap berusaha dan bersyukur.

 

4. Rezeki Yang Tidak Terduga

Rezeki ini diberikan hanyak untuk orang yang istimewa di mata Allah SWT, ingat ya ISTIMEWA, sebagaimana tertulis dalam QS. Ath-Thalaq ayat 2-3 yang artinya :

Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.

Ini adalah tingkatan tertinggi rezeki yang diberikan oleh Allah, karena yang mendapat rezeki ini adalah orang-orang yang bertaqwa dalam menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Nah itulah tingkatan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, semoga rezeki yang kita terima berkah dan bisa membawa kebaikan untuk kita. aamiinnn